Jumat, 03 Januari 2014

TUGAS 5

Contoh Paragraf Generalisasi
Pada ujian matematika yang diadakan dikelas 2B, hampir semua siswa mendapatkan nilai rata rata diatas 8. Hanya terdapat 2 siswa yang mendapat nilai 7,5 dan seorang siswa yang mendapat nilai 7. Namun ada juga cukup banyak siswa yang mendapat nilai 10. Sehingga bisa dikatakan bahwa siswa kelas 2B rata rata mempunyai kemampuan yang baik dalam mata pelajaran matematika.



Contoh Paragraf Analogi
Anak-anak pak anto memang anak yang baik. Lihat saja Ani dan juga Ina keduanya anak yang sangat berbakti pada kedua orang tuanya. Ani adalah seorang anak yang amat rajin. Tiap pagi sebelum berangkat ke sekolah, ia selalu menyempatkan untuk membantu ibunya menyiapkan sarapan yang akan dimakan. Tidak kalah rajin, anak bungsu pak Anto, Ina, juga selalu membantu ayah ibunya membersihkan rumah. Ia akan menyapu lantai rumah dan juga halaman luar. Disamping itu ia juga tidak lupa menyiram bunga bunga di taman kecilnya. Ani dan Ina merupakan anak yang sangat berbakti. Ani tidak lupa mengucap salam dan mencium tangan kedua orang tunya. Demikian juga dengan sang adik Ina yang tidak pernah lupa melakukan hal yang sama. Memang benar sekali Ani dan Ina adalah anak yang baik dan berbakti pada orang tua.

contoh paragraf sebab akibat(kausalitas)

"mahasiswa membuat penulisan ilmiah(PI) dikarnakan penulisanilmiah tersebut merupakan salah satu sayarat untuk lulus dari universitas, seandainya mahasiswa tidak mengerjakan penulisan ilmiah tersebut, maka mahasiswa itu tidak akan dapat skripsi atau lulus dari universitas tersebut."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar